Jumat, 06 Januari 2012

Printing & Advertising




A.  Sekilas tentang percetakan 
Percetakan adalah sebuah perusahaan yang dapat melayani berbagai kebutuhan masyarakat dalam bentuk cetak-mencetak sesuai dengan media kebutuhannya antara lain di atas kertas, kain, plastik, kulit, logam dan sebagainya.

1.    Kategori Usaha Percetakan

a.    Percetakan dengan status agen (Broker) yang hanya mampu melayani kebutuhan design, artwork, settingan dan print out dengan unit komputer, printer laser dan printer warna saja. Usaha ini tidak dilengkapi dengan alat produksi yang menunjang seperti mesin cetak, mesin potong kertas dan sebagainya. Sehingga seluruh produksi di proses diluar usaha dan tentu saja dapat menambah cost production.
b.    Percetakan Usaha kecil (UKM) disamping melayani kebutuhan design, setting usaha ini juga memiliki beberapa mesin yang dapat menunjang untuk memproduksi percetakan media kertas. Namun keterbatasan ukuran mesin tidak memadai untuk mencetak lebih besar dan tidak memadai untuk mencetak Sparasi (fullcolour). Karna mesin cetak yang dimaksud hanya bisa mencetak dengan resolusi 300-600 dpi dengan ukuran cetak sebatas 21X33cm. Artinya untuk mencetak fullcolour kemampuan resolusinya harus lebih dari itu. Contoh pekerjaannya : Kop Surat, faktur, Undangan, kartu nama, amplop, brosur dan sebagainya (media kertas lainnya).
c.    Percetakan berskala sedang yang mampu melayani kebutuhan cetak dengan tekhnik sparasi (fullcolour) dengan memiliki mesin besar seperti HAMADA, GTO ditambah mesin penunjang yaitu mesin plat, mesin film negative, mesin potong kertas Headrolic 1 plano (97X109cm) dan mesin jilid spiral besi. Percetakan ini sudah mampu mengerjakan cetakan seperti Kalender, Undangan fullcolour, company profile, brosur, poster dan cetakan-cetakan kertas yang berpenampilan lux dalam jumlah yang tidak terbatas .

B.  Sekilas tentang Advertising

Advertising adalah sebuah perusahaan yang mampu melayani berbagai media promosi dari berbagai perusahaan baik yang bergerak di bidang produk maupupn jasa. Oleh karna itu modal utama advertising adalah skill/SDM yang handal. Terutama seorang designer dan manager inovatif, efisien yang mampu membaca selera pasar sesuai dengan kehendak para pemesan (klien). Media advertising sangat situasonal dan kondisional jadi daya cipta medianya harus banyak pilihan. Kita jangan terjebak kedalam dunia advertising yang telah mengglobal dalam ukuran tanpa batas (unlimited). Advertising yang akan di urai di bawah ini hanya sampai batasan operasional lintas sektoral. Knapa?Karena usaha advertising yang akan kita kembangkan harus berkolerasi dengan usaha percetakan dan dikembangkan secara serempak atau bersama-sama.

1.    Bentuk Media Advertising
a.    Media Outdoor : Bilboard, baligo, spanduk, balon gas dan sebagainya.
b.    Media event organizer : Talk Show, Live Musik, jumpa fans, media olah raga dan sebagainya.
c.    Media Cetak : Brosur, Majalah, Koran, buletin, dan sebagainya.
d.    Media Elektronik : Televisi dan radio
e.    Media IT (Information Tekhnology) : Software, Internet

2.    Pengguna Media Advertising
a.    Perusahaan Manufacture
b.    Jasa perbankan dan lembaga perkreditan
c.    Lembaga Pemerintahan
d.    Lembaga Pedidikan swasta
e.    Produk-produk media
f.     Perusahaan lokal

3.    Kategori Perusahaan Advertising
a.    Biro reklame lokal yang biasanya beroperasi di kaki lima dan kios-kios kecil dengan melayani kebutuan stempel, spanduk, papan nama, stiker dan lain-lain.
b.    Out door supplier yang melayani khusus kebutuhan ouotdoor melalui flexi untuk keperluan pembuatan Banner, Spanduk, Baligo, Poster dan lain-lain.
c.    Pelasksana tekhnis dalam spesialisasi perancang dan pembuatan konstruksi billboard, neon sign dan lain-lain.
d.    Consultant dan jasa Advertising
1.    Menyusun perencanaan membuat analisa pasar, strategi pemasaran, menyediakan bentuk media yang harus di gunakan.
2.    Membuat layout, montase, setting, artwork, design, out print dan lain-lain.
3.    Mengakumulasikan efek domino, nilai psychologhic dan animo publik.’
e.    Event organizer merupakan organisasi kedalam media peragaan visual seperti acara-acara hiburan, perlombaan olah raga, pentas kebudayaan, jumpa fans, Musik Live, Talk Show, Opening Ceremony dan lain-lain.
f.     Advertising Agency
Mencakup seluruh bidang usaha di atas menjadi satu wadah dangan manajemen professional yang sudah mampu melayani perusahaan nasional dan multi nasional.

Setelah mengetahui secara garis besarnya mengenai usaha percetakan dan advertising beserta kategorinya. Maka usulan yang di ajukan kepada para investor yang berminat untuk merealisasikannya adalah kategori UKM yaitu Percetakan dan Advertising Supplier bersekala kecil namun mampu malayani secara langsung kebutuhan masyarakat lokal  dan sekitarnya dalamkegiatan bisnis, social, ekonomi dll .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar